Kerokan dan Serangan Jantung Koroner

Dalam 2 minggu, 2 teman saya meninggal karena  “angin duduk”  (=istilah di Jawa Tengah). Kemudian saya berpikir, kenapa saya tidak membagikan sedikit pengetahuan saya tentang Penyakit Jantung Koroner dan hubungannya dengan Masuk Angin dan Kerokan ?


Thats it !!!


Penyakit jantung koroner (PJK ) adalah terjadinya ketidakseimbangan antara suplai dan kebutuhan oksigen ke otot jantung(miokard). Ketidakseimbangan ini dapat terjadi akibat: penyempitan arteri koroner, penurunan aliran darah (Curah Jantung), peningkatan kebutuhan oksigen di miokard, spasme arteri koroner, faktor genetik/riwayat keluarga kandung, merokok, hipertensi, diabetes, usia.
Pencetus yang paling sering menyebabkan nyeri dada seperti kegiatan fisik, emosi yang berlebihan atau sesudah makan. Sifat sakitnya apakah nyeri dada yang dirasakan seperti dipukul, tertekan atau terbakar atau tertimpa beban berat. Nyeri dada dirasakan menjalar ke bahu, punggung, rahang, leher, epigastrium dan lengan kiri. Gejala dan tanda rasa sakit disertai dengan mual, muntah, keringat dingin, berdebar-debar dan sesak. Pengelompokkan lamanya nyeri dada, bila nyeri dada dirasakan lebih dari 20 menit hal ini mengarah pada terjadinya kerusakan otot jantung atau kemungkinan dapat terjadinya kematian jaringan (nekrosis) dimana otot jantung tidak dapat lagi terselamatkan atau irreversible.


Keluhan nyeri dada atau rasa tidak nyaman didada selama kurang dari 20 menit. Biasanya berlokasi didaerah dada kiri, berkurang dengan istirahat dan atau pemberian obat nitroglylcerin (nitrat). Nyeri dada dirasakan seperti dipukul, ditekan atau terbakar, dapat menjalar ke bahu, punggung, lengan kiri, rahang, leher, epigastrium, umumnya akibat faktor pencetus antara lain latihan fisik, kerja berat, emosi dan makan.
Sebagian orang dengan kerusakan otot jantung akut akan timbul nyeri dada khas infark yaitu tidak hilang dengan istirahat, tidak hilang dengan pemberian nitrat, berlangsung terus menerus selama 20 menit atau lebih, keluhan lain dapat berupa : dyspnea/sesak napas, rasa lelah, mual/muntah, lemas, keringat dingin atau berdebar.

Mitologi Kerokan

Prinsip kerokan menurut Dr. Koosnadi Saputra, Sp.R, akupunkturis klinik, mirip prinsip pemanasan dengan menggunakan moxa yang sering dipakai saat jarum akupunktur ditusukkan pada tubuh untuk mengatasi masuk angin. Prinsip ini juga tidak jauh berbeda dengan model terapi kop yang biasanya menggunakan alat seperti tanduk, gelas, karet, tabung bambu dan lain-lain. Di negeri asal teknik akupunktur, model terapi ini sudah resmi dipakai sebagai sarana penyembuhan.
Menurut Mochtar Wijayakusuma, putra Hembing Wijayakusuma yang juga seorang akupunkturis, penelitian mengapa kerokan memiliki efek menyembuhkan juga pernah dilakukan di Universitas Ghuan Thou, sebuah universitas terkenal di Cina.


Sesuai Titik Meridian
Kerokan biasanya dilakukan pada bagian tubuh seperti leher, bahu, punggung maupun pinggang. Atau bisa saja di seluruh bagian tubuh, kecuali alat kelamin, dubur, dan bola mata.


Sinkronisasi Kerokan dan Sakit Jantung Koroner
Seperti diungkap diatas, rasa nyaman yang dihasilkan kerokan, badan terasa hangat, ditambah sedikit minuman yang menghangatkan membuat kita segera ingin berbaring dan mengistirahatkan badan. Menikmati sisa malam dengan berbaring dalam selimut hangat dan menunggu pagi.
Tapi yang kita dapatkan kadang lain. Berita lelayu di masjid pagi pagi karena ditemukan meninggal di tempat tidur !!!!


INILAH Istilah “Suddent Death“. Kematian mendadak akibat serangan jantung koroner !!!


Solusi :

  • Bila anda termasuk orang orang yang mempunyai resiko terserang penyakit jantung koroner dan mengalami gejala seperti masuk angin, kerokan bukan solusi apalagi rasa tidak nyaman berlangsung lebih dari 20 menit. Segera dapatkan pertolongan di pusat layanan terdekat (RS atau dokter terdekat).
  • Bila kita menemukan anggota keluarga kita dalam kondisi seperti ini jangan biarkan meeka sendirian, pantau dan dampingi sampai keluhan benar benar hilang. Segera pastikan bahwa itu masuk angin biasa bukan serangan jantung koroner.
  • Cari pengobatan lebih lanjut bila itu adalah gejala awal serangan jantung koroner.

Dalam Kategori: KESEHATAN JANTUNG

Tags: , , , , , , , , ,


Bagikan Artikel

Komentar ditutup.